Perlindungan Konsumen Bank Artha Graha

Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran

Mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/1/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran dan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 16/16/DKSP tentang Tata Cara Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran, dengan ini  diinformasikan Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah PT Bank Artha Graha Internasional, Tbk. (Bank Artha Graha) sebagai berikut :

Prosedur Penyampaian Pengaduan kepada Bank Artha Graha :

  1. Pengaduan secara lisan
  1. Nasabah datang ke kantor cabang Bank Artha Graha terdekat dan menyampaikan pengaduan melalui Bagian/Unit Customer Service/Marketing.
  2. Nasabah menelepon dan menyampaikan pengaduannya melalui GrahaCall di nomor 021-5152152 atau 08001918880.

Pengaduan secara lisan dari nasabah akan ditangani dan diselesaikan dalam 2 (dua) hari kerja setelah tanggal pengaduan diterima. Apabila pengaduan yang diajukan oleh nasabah memerlukan penanganan dan penyelesaian lebih dari 2 (dua) hari kerja, maka Bank Artha Graha akan menyampaikan kepada nasabah agar mengajukan pengaduannya secara tertulis.

 

  1. Pengaduan secara tertulis

Untuk pengajuan pengaduan secara tertulis, maka nasabah perlu melengkapi pengaduan yang diajukan dengan dokumen pendukung yang memadai, seperti:

  1. Fotocopy (sesuai asli) identitas pembuka rekening dan/atau perwakilannya.
  2. Fotocopy (sesuai asli) rekening.
  3. Fotocopy (sesuai asli) transaksi keuangan terkait permasalahan.
  4. Fotocopy (sesuai asli) dokumen pendukung lainnya yang terkait dengan permasalahan yang diadukan.
  5. Surat Kuasa dari nasabah yang diwakili (dokumen tambahan untuk perwakilan nasabah).

Pengaduan tertulis yang diajukan nasabah akan diselesaikan oleh Bank Artha Graha dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja dan dapat diperpanjang sampai dengan 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya dalam hal terdapat kondisi tertentu. Apabila Bank Artha Graha akan memperpanjang jangka waktu penyelesaian pengaduan, maka Bank Artha Graha akan menginformasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada nasabah.

Agar pengaduan nasabah dapat segera diselesaikan oleh Bank Artha Graha, nasabah perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Tentukan inti permasalahan yang akan diadukan;
  2. Siapkan dokumen pendukung yang terkait dengan permasalahan yang akan diadukan;
  3. Simpan dengan baik dokumen-dokumen asli yang nasabah miliki dan sampaikan kepada Bank Artha Graha salinan/copy dokumen tersebut bersamaan dengan pengajuan pengaduan tertulis;
  4. Catat nomor registrasi yang diberikan Bank Artha Graha kepada nasabah dan gunakan nomor registrasi tersebut untuk mengetahui status penyelesaian pengaduan nasabah;
  5. Simpan dengan baik dokumen surat-menyurat dengan Bank Artha Graha, termasuk surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan Bank Artha Graha kepada nasabah.

Apabila nasabah tidak puas dengan hasil penyelesaian yang disampaikan Bank Artha Graha, nasabah dapat melanjutkan upaya penyelesaian pengaduan melalui fasilitasi penyelesaian baik melalui Bank Indonesia (BI) khusus untuk pengaduan yang terkait dengan jasa sistem pembayaran ataupun melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau melalui alternatif penyelesaian sengketa lainnya.