CSR Bank Artha Graha

26 February 2012
Artha Graha PeduliArtha Graha PeduliArtha Graha PeduliArtha Graha PeduliArtha Graha PeduliArtha Graha PeduliArtha Graha Peduli

Bagi Bank Artha Graha Internasional, pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merupakan upaya untuk menciptakan suasana kegiatan operasi yang harmonis dan menyelaraskan strategi bisnis Bank dengan program-program berkesinambungan yang mengacu pada kebutuhan masyarakat. Aktivitas CSR yang telah dilakukan oleh Bank dalam berbagai kegiatan diselenggarakan bersama maupun melalui Artha Graha Peduli (AGP) dengan fokus kepada bantuan terhadap korban bencana alam, pendidikan, pengembangan kesejahteraan sosial dan ekonomi, lingkungan hidup, kesehatan, dan olah raga.

 
 
 
Bakti sosial dan tanggap penanganan bencana alam
 
Dilandasi dengan pemikiran bahwa perusahaan merupakan bagian dari suatu masyarakat, Bank menyadari bahwa setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu dan mengembangkan masyarakat di sekitarnya, khususnya masyarakat yang mengalami musibah. Bank Artha Graha Internasional bersama dengan Artha Graha Peduli berusaha untuk mengurangi beban dengan menyalurkan bantuan secara nasional baik secara langsung kepada masyarakat maupun melalui kantor cabang-kantor cabang Bank. Selanjutnya, sebagai bentuk manifestasi apresiasi perusahaan terhadap kontribusi yang diberikan, perhatian juga ditujukan kepada karyawan yang mengalami musibah.
 
Dukungan terhadap prestasi olah raga
 
Sebagai wujud dukungan terhadap prestasi olah raga anak bangsa, Artha Graha Peduli bersama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Artha Graha Network mengoperasikan kapal TW-03 dan TW-08 sebagai kapal pembawa obor dalam penyelenggaraan Sea Games XXVI Indonesia 2011 dan tempat akomodasi bagi panitia INASOC 2011. Atas dukungan ini, panitia INASOC 2011 kemudian memberikan kontraprestasi kepada Artha Graha Peduli sebagai Prestige Partner Sea Games XXVI Indonesia 2011. Langkah Artha Graha Peduli bekerjasama mendukung Sea Games XXVI Indonesia 2011 sepenuhnya dilandasi rasa kebangsaan serta kepedulian terhadap sukses dan lancarnya pelaksanaan Sea Games yang dipercayakan negara-negara ASEAN kepada Indonesia, serta merupakan dukungan Artha Graha Peduli terhadap daya juang dan militansi atlit Indonesia sehingga dapat menjadi juara umum.
 
Kontribusi dibidang pendidikan
 
Komitmen untuk terus berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya diwujudkan dalam bentuk bantuan fisik, tetapi juga pada non-fisik. Untuk itu, Bank Artha Graha Internasional secara konsisten berperan aktif dalam upaya pengembangan pengetahuan masyarakat termasuk dibidang perbankan dengan mensukseskan program edukasi perbankan “Ayo ke Bank”. Program yang dicanangkan dan diprakarsai oleh Bank Indonesia ini merupakan manifestasi dari pilar keenam Arsitektur Perbankan Indonesia yang mendorong bank-bank bertanggungjawab mendidik masyarakat mengenai perbankan.
 
Sebagai bentuk dukungan terhadap program edukasi perbankan, Bank Artha Graha Internasional secara aktif menyelenggarakan program pendidikan melalui sosialisasi langsung. Selama tahun 2011, Bank Artha Graha Internasional mensosialisasikan “Mengenal Tabungan, Kartu ATM dan Kartu Debit” kepada murid-murid di empat kota, yaitu SMP dan SMA Kalam Kudus, Medan; SMPN 1, Denpasar; SMA Methodist 1, Palembang; dan Sekolah Nasional Nusa Putera, Semarang. Bank memperluas program ini hingga mencakup pengenalan/edukasi tentang produk-produk perbankan umum dan keamanan bertransaksi.
 
Pelestarian lingkungan
 
Bank Artha Graha Internasional sadar bahwa perbankan memiliki fungsi strategis dalam mendorong dunia usaha untuk turut menjaga kelestarian lingkungan dan alam. Untuk itu, Bank Artha Graha Internasional bersama Artha Graha Peduli telah melakukan berbagai aktivitas sejalan dengan azas green banking serta upaya mengantisipasi pemanasan global. Salah satunya dengan turut berpartisipasi melalui Tambling Wildlife Nature Conservation, kawasan hutan konservasi untuk perlindungan keanekaragaman hayati flora dan fauna di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung.
 
Dalam aktivitas pelestarian lingkungan hidup, Bank Artha Graha Internasional mulai mengupayakan kegiatan penghijauan di lingkungan kantor (green office). Penerapan praktik-praktik penghijauan di lingkungan kantor, antara lain dengan efisiensi penggunaan listrik dan kertas dalam operasional sehari-hari. Gerakan efisiensi lainnya, seperti mematikan lampu dan komputer bila ruangan tidak digunakan, menggunakan kertas bekas untuk memo yang sifatnya non-persetujuan, serta menggunakan amplop bekas untuk pengiriman memo atau surat di lingkungan internal.
 
Selain itu, karyawan juga didorong untuk menggunakan email secara optimal dalam berkomunikasi dan mengirimkan memo, mencetak dokumen sesuai keperluan, dan mengurangi penggunaan telepon dengan mengoptimalkan penggunaan telepon seluler kantor untuk kemudahan dan jangkauan berkomunikasi.
Penerapan green office di lingkungan Bank Artha Graha Internasional akan memberikan dua keuntungan, yaitu keuntungan tangible berupa peningkatan pendapatan, pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi, serta keuntungan intangible berupa peningkatan citra, penerapan CSR dan tata kelola perusahaan.